Minggu, 17 Juli 2011

110717 Pagi Ini bersama Modem dan Kartu As

bismillaah..
aku yang biasanya internetan pakai kartu tri, pagi ini akan mencoba hal yang baru.
mencoba berselancar di dunia maya dengan kartu as-ku,
jadi nomernya mungkin sementara tidak aktif :)


hari beranjak dewasa, semakin cerah saja aku lihat langit ini.
aku obati rasa penasaranku dengan bertanya langsung pada operator telkomsel,
ku tekan hpku, 116 kemudian panggil, dan aku arahkan pada
berbicara langsung dengan officer kartu as.
kesan pertama yang aku dengar adalah ramah.
perempuan itu kemudian menanyakan siapa aku dan apa yang bisa ia bantu.
aku bertanya kepadanya tentang cara berinternetan dengan modem.
terjadilah dialog yang agak panjang antara aku dan dia.
dari percakapan itu, aku tahu dua hal yang penting, yaitu APN dan dial number.
APN: telkomsel atau internet, dan dial numbernya *99#.
baik.
langsung aku panggil *363# dan memilih paket internetan unlimited harian, 5000.
setelah itu aku tulis deh ini.
ceck it out.


internetan pakai puppy linux mudah banget kali..
berikut ini aku jelaskan bagaimana menyetting koneksi internet dengan modem
di dunia puppy linux.


1. pilih menu, setup, internet connection wizard



bisa juga melalui desktop, klik connect



2. muncul kotak internet connection wizard, pilih internet by wireless GPRS modem



3. isikan serial modem device file sesuai dengan yang terdeteksi


(keterangan ada pada tulisan di bawahnya (detected devices: /dev/ttyUSB0))
biasanya yang aku tulis adalah "/dev/ttyUSB0" (tanpa tanda petik).
..isikan APN, Username, Password, Phone number, Phone PIN ke masing2 kotak.
kalau sudah klik ok.


pengalamanku pakai tri:
APN, Username, Password :3data
Phone number : *99#
Phone PIN :1234


pakai kartu as:
ganti APN dengan "internet" atau "telkomsel", yang lainnya biarkan saja masih tetap begitu.


4. sesuai dengan pesan yang muncul,
tinggal klik "okay" dan pilih menu, network, PGPRS connect



5. pertama pasti tidak bisa, jangan khawatir



tekan "r" kemudian enter.



yup! berhasil.
Alhamdulillaah..
:D


6. kemudian langsung saja kita klik browse pada desktop
atau dengan browser pada menu, internet juga bisa.


selamat berinternetan ria dengan puppy linux.





mudah bukan?
semoga bermanfaat,
Assalaamu ‘alaikum.


file pdf nya bisa diunduh pada link berikut ini:
https://docs.google.com/open?id=0B-WmUMQtTTUYNDM0ZDkxYTYtN2QxOS00NDVlLWJmMzMtMGNmZGZkZTk3NTU5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar