Rabu, 14 Januari 2015

ngirim pesan ke semua mahasiswa di moodle

Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.
Yeaa! Satu lagi ilmu dari gugel yang aku dapatkan. Ngirim pesan ke semua partisipan di kursus kita. Eits, bentar. Sahabat semua tau mudel kan ya? mudel itu mbacanya, kalau tulisannya  sebenarnya gini, moodle. Bagi yang belum tau, mudel itu sistem informasi yang memungkinkan guru dan siswa untuk berkomunikasi. Bisa hanya sekedar naruh file materi pelajaran dan mengumpulkan tugas (jadinya ndak banyak kertas yang terbuang, cukup filenya aja yang dikirimkan), tapi sebenarnya mudel bisa digunakan lebih dari itu. Canggih! Contohnya begini. Kita bisa melaksanakan ulangan harian berupa pilihan ganda, misalkan. Setelah ulangan itu selesai, langsung dapat kita lihat nilainya (kayak game parampa). Ada forum juga di mudel itu. Forum masih belum tahu? Kayak gini nih salah satunya: http://murga-linux.com/puppy. Ada banyak lagi yang lain yang ada di sini. Kalau mau kenalan lebih dekat lagi, Sahabat bisa ke sini: https://moodle.org/. Atau yang bahasa Indonesianya ke sini: https://moodle.org/course/view.php?id=40. Lebih hebatnya lagi, mudel itu open source!

Okay, kita ke judul lagi. Siapa tau kita dihadapkan persoalan ini. Kita sebagai pengajar. Lalu kita ingin mengumumkan sesuatu yang penting ke semua murid kita yang sering online di mudel. Ada satu cara untuk melakukannya. Ya mungkin ada cara lain lagi ya, siapa tau. Begini pengalaman saya. Pertama, setelah login, kita arahkan ke kursus yang kita mau, contohnya logika dan himpunan ini. Tunggu beberapa saat, biarkan komputernya ngloding.
Sekarang sudah berhenti lodingnya. Arahkan ke navigation, Current course, mata pelajaran kita, peserta, seperti gambar ini.
Di situ terlihat cuma 20 siswa per halaman. Padahal ada 34 siswa kan di kelas kita? Ini bisa kelihatan semua. Klik saja tulisan tampilkan semua 34. Tunggu lagi sampai benar-benar loding browser kita berhenti.
Kalau mau milih satu-satu, centangi aja. Tapi ada yang lebih enak lho, klik satu tombol "pilih semua". Lalu tekan combobox pilih dan klik kirim pesan.
Setelah itu muncul deh tampilan ngirim pesan. Ketik reketek reketek reketek... Selesai, kirim aja.
Canggih kan?
Semoga bermanfaat.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar