Kamis, 05 November 2015

Tutorial Matriks dengan Python Numpy (Operasi Baris Elementer)

Assalaamu'alaikum, Sahabat.
Python itu canggih ternyata. Selain cepat, data besar juga mumpuni lho. Nah, kali ini aku ingin nge share pengalamanku tentang matriks. Paket tambahan yang kita perlukan hanyalah numpy. Ya. Itu saja. Kalau kita pecinta ubuntu, dan ada koneksi internet, cukup kita ketikkan di terminal:

Lha kalau kita masih pakai windows, ya cukup download dan instal file ini saja: http://sourceforge.net/projects/numpy/files/. Langsung saja, yuk kita pelajari di terminalku ini, Sahabat.. :)


Ini juga bisa:


Aku juga sempat ngoprek dan mbuat sebuah file yang isinya fungsi-fungsi dari OBE. Ada tiga kalau ndak salah, yaitu tukar baris, tambahkan baris dengan berapa kalinya baris lain, dan kalikan baris dengan suatu nilai. Aku mbuat file obe.py kayak gini:


Okay. Selanjutnya ini contoh penggunaannya, Sahabat. Kita buka terminal di lokasi yang sama dengan kita nyimpan obe.py itu. Lihat lagi, ya.

Update:
Sahabat, aku mbuat updatetan dari file obe.py biar lebih manusiawi. Maksudnya baris pertama dari matriks M ya nanti kita masukkannya tetep 1, bukan nol. Kayak gini file obe2.py ku:

Dengan pakai file obe2.py, kalau mau melakukan operasi baris 3 + 2 * baris 1 pada matriks M dengan kode seperti ini.


Nah, begitu.
Belajar dengan langsung praktek itu enak kok.
Semoga bermanfaat, Sahabat.
Kalau kotak kodenya kekecilan, bisa diubah ukurannya. Klik dan drag di pojok kanan bawah aja.
Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar