Minggu, 11 Desember 2016

Inkscape banyak file, mushaf Alquran

Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh, Sahabat.

Inkscape bisa buat ngedit banyak file lho.. Tinggal kita perintah saja. Tips ini sangat membantu pas kita mau ngedit file banyaak tapi dengan cara yang sama semua. Soalnya selain pake gui, inkscape  juga bisa jalan pake command. Di tulisan ini aku mau ngeshare pakai linux. Buat Sahabat yang pake windows atau mac coba juga ya siapatau bisa.

http://dm.qurancomplex.gov.sa/hafsdownload/
Aku ke sini buat ndownload halaman per halaman dari mushaf madina yang baru, formatnya ai. Itu vektor, jadi gambarnya ndak pecah kalau dizum. Adobe ilustrator kayaknya itu pembukanya. Eh, apa corelldraw ya? Mengejutkannya --dan alhamdulillah--, inkscape juga bisa mbaca file itu. Jadi ndak perlu mbayar.

Semuanya kini sudah terbawa di laptop. Sekarang aku buka terminal, terus nulis gini:


Hasilnya, otomatis bisa berubah semuanya dari .ai jadi .svg. Bahkan aku buat script tadi jadi satu file, terus tak jalankan masih dalam layar hitam tanpa X. Bisa jalan juga! Maa syaa Allaah tabaarakallaah.. Canggih!
Kalau pengin sederhananya, download satu file (misalkan 003.ai), coba script ini di terminal, ndak usah pakai for dulu:


Lebih dari itu, aku bisa edit filenya. Gini, maunya aku ngambil hanya fokus ke ayatnya saja di halaman itu, ndak ada framenya, ndak pakai halaman. Aku ungroup, habis itu aku delete yang ndak perlu. Terus aku buat ukuran halamannya pas ke tulisannya saja. Kayak gini:


Kalau Sahabat nyimpen script itu terus dijadikan executable (chmod +x), nanti akan terjadi sesuatu yang ajaib pas dijalankan. Tiba2 inkscape nya mbuka file tadi, habis itu otomatis melakukan perintahnya, terus nutup sendiri. Begituu terus sampai semuanya. Subhaanallaah..

Ilustrasinya begini, ini cuma ilustrasi saja.
Tadinya kayak gini:
Setelah dicrop jadi begini:

Nah, file hasil editannya (pakai script tadi) masih berformat .svg. Jadi masih bener2 bagus banget ndak pecah kabur walaupun dizum sampai maksimal.
Oh ya, kalau ada tips lain yang Sahabat mau bagi, silakan nulis di komentarnya yah..

Semoga bermanfaat, Sahabat.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar