Selasa, 09 Agustus 2011

110809 lcd projector with puppy linux

110809 lcd projector with puppy linux

hari ini tidak terlalu cerah kurasa
suasana yang cukup mencekam menyebar ke ruangan kecil itu
aku dan seorang temanku berusaha dengan keras membangkitkan semangat mereka
namun yang kudapat adalah semangat yang begitu meluap pada mereka
ya, sangat besar. tapi tak sedikit juga yang kurang berenergi, kurasa

siang ini aku ingin menggunakan geogebra di puppy linux ku
aku bermaksud memperlihatkan grafik fungsi x pangkat tiga yang mempunyai dua titik stasioner.
aku ketikkan fungsi yang aku maksud pada kotak input yang ada di bawah:
f(x)= -x³ + 9 x² - 15 x + 5
kemudian aku tekan enter.
terbentuk sebuah grafik yang sangat bagus, kecil. aku mendekat ke arah pengendali lcd projector. kutikam tombol power pada remote. lcd menyala. aku tancapkan kabel pada tempatnya, di pagar dan di laptopku, asus a42f. berulangkali aku coba dan terus mencoba, tapi tetap nihil hasilnya.
sejurus kemudian rasa kecewaku berubah menjadi suatu misteri yang musti aku selidiki lebih lanjut. selepas hari berakhir menjadi sore, aku naik ke lab dan mencoba lagi hal yang sama. hasilnya pun juga sama. lalu aku reboot sambil masih tetap menancapkan penghubung ke laptopku dan lcd. ajaib! dari awal grub, ternyata sudah nge-detect, muncul. alhamdulillaah.. hebat sekali, kawan. berarti tinggal mengatur tampilan dengan perintah 'xorgwizard' pada terminal. betul. begini kronologis kejadian pada waktu yang cukup mendebarkan itu. setelah awalnya tampilan terlihat kecil pada projector, aku tahan tombol ctrl dan alt dengan tangan kiriku dan aku tikam backspace dengan tangan kananku, tepatnya dengan jari telunjukku. spontan layar penuh warna itu menghitam, dengan tanda pagar dan slash berkedip-kedip. sip! berarti sudah keluar dari x.
aku tuliskan 'xorgwizard' dan enter. aku atur dengan xorg kira-kira yang cocok adalah 1028 x 768.
aku test hasilnya tidak begitu mengecewakan. baik.
penasaran yang cukup mendalam pun kini berubah menjadi suatu kegembiraan.

inti dari tulisan ini adalah,
ketika aku ingin menampilkan puppy linux ke screen dengan lcd projector, aku harus menghubungkannya sejak dari awal laptop dinyalakan.

canggih kan?
pake puppy linux yuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar