Minggu, 19 Mei 2013

coba cdf


Bismillah..
saya mendapatkan pelajaran menarik di sini. Bermula ketika pak Warno mengutak-atik cdf playernya. Ia ingin menampilkan file cdf yang bisa dianimasikan di web, di blogspot.com miliknya (usraty88.blogspot.com). Kalau saya boleh bilang, ini mirip dengan file geogebra yang juga bisa dianimasikan di blog. Cuma bedanya kalau geogebra menggunakan java, kalau wolfram mathematica pake format beda. File berformat '.cdf' bisa dibuka di beberapa platform operating system (kalau sekarang itu cuma linux, mac, sama windows saja, mungkin bisa jadi android dan ipad bisa, kapan-kapan..). Intinya sebenarnya mudah. kita buat file cdfnya dengan software berbayar wolfram mathematica. Kemudian file tadi kita upload ke cloud. Yang ini sebaiknya di dropbox saja, kalau yang google drive belum nyoba sih. tapi lebih mudah yang dropbox. setelah diupload ke sana, kita tinggal memanggilnya lagi. oh ya, untuk melihat animasi cdf nya kita harus nginstal cdf playernya dulu di komputer kita download di sini:
http://www.wolfram.com/cdf-player/
kemudian untuk milih2 os (linux, mac, apa windows), bisa diklik 'other platform'. kalau ngga ya cuma tulisan cdf player. oke kembali lagi ke masalahnya nah, pas di sini saya mengalami kesulitan karena alamat dropboxnya masih seperti ini:
http://www.dropbox.com/s/1p51c39crffhx7x/cinta.cdf
harusnya diganti tulisan www menjadi dl. jadinya linknya sekarang adalah seperti ini:
http://dl.dropbox.com/s/1p51c39crffhx7x/cinta.cdf.
lengkap ceritanya seperti ini.
pertama kita buat posting baru, kemudian 'compose' nya kita ganti menjadi 'HTML'. kemudian masukkan script ini:

selanjutnya tinggal dimasukkan script ini:

lihat kan, bukan www.dropbox.com, tapi jadi dl.dropbox.com
hasilnya seperti ini.

masih belum kelihatan? Tuh kan, berarti belum ada itunya, cdf playernya. ukuran filenya besar juga lho, sekitar 190 mb (tergantung os nya sih..). Baik, biar mengurangi penasarannya, ini saya tampilkan screenshotnya. kalau gambarnya kecil, bisa diklik biar jadi besar kok.
canggih kan?
saya tahu ini dari blognya pak zainul ini:
http://keadaantunak.blogspot.com/2012/04/periode-frekuensi-amplitudo.html
kemudian saya lihat source codenya dengan ngeklik kanan di halaman webnya, kemudian view source code. dan tak cari-cari akhirnya ketemu juga, dl.dropbox.com (bukan pake www.dropbox.com). satu lagi, kita tidak perlu menambahkan kode di header template blog kita, bisa kok. tapi ya itu, pas di awal tulisan postingan, kita tuliskan kode script src seperti di atas situ. malah kalau dengan cara ini blog kita lebih ringan dibuka. kenapa? karena pas ada orang yang mbuka postingan lain di blog kita, tidak perlu memanggil script cdfplayernya wolfram. tapi kalau kita ngutak-atik header di template blog kita, setiap kali ada orang yang mau membaca semua postingan kita, pasti memanggil javascriptnya cdfplayer. lebih berat!
buat pengetahuan saja ya..
ada ga ya cdf maker yang free atau opensource? :D
(mungkin yang mirip itu geogebra ya..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar