Rabu, 10 Agustus 2016

Limuks-16.08

Bismillah.
Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.

Silakan dicicipi limuks-16.08, salah satu turunan xenialpup-7.0.1, puppy linux di sini:
https://drive.google.com/open?id=0B-WmUMQtTTUYMmFyaVJWQWhwTDg
atau ke mirrornya, di sini:
https://archive.org/details/Puppy_Linux_Limuks
Aku menggunakan remaster. Agak besar .iso nya, sekitar 298mb.
Itu gambar boot nya.
Kalau yang ini screenshoot tampilan awalnya
 Tampilan canggih limuks

Kelebihannya apa dari puppy linux biasa?
Jawabannya begini:

Ada banyak shortcut yang sudah familiar di kita (pengguna nen ubuntu, linux mint, atau windows) seperti ini.
Tiling window di Limuks gampang banget.


Win + Arah, maka window kita akan nempel ke tepi-tepi layar monitor kayak di linuxmint dan windows.
Win + Ctrl + Arah juga sama kayak di atas, tapi ini defaultnya jwm.
Alt + Ctrl + Arah akan ganti workspace/desktop di sebelahnya, mirip banget dengan ubuntu dan linuxmint.
Shift + Alt + Ctrl + Arah mengakibatkan window fokus kita melakukan teleportasi ke workspace lain.
Alt + Ctrl + T terminal
Win + E kayak windows eksplorer rox filer
Win + Spasi mukstart, ini kereen kalau mau lihat kayak gimana, seperti ini nih..

Bisa nyari aplikasi yang ada di limuks. Langsung ngetik saja di sana. Akan ketemu insyaAllah.. Nyarinya juga bisa berdasarkan Namenya, Execnya, ataupun Commentnya. Persis kayak cinnamon nya linuxmint. Terus hebatnya lagi, bisa hilang kalau ditekan escape di keyboard. Lengkapnya bisa lihat di forum sini:
http://www.murga-linux.com/puppy/viewtopic.php?p=912927#912927

Win + F4 logout, ini sengaja tak buat biar kayak windows, tapi pakai winkey hehe..
Alt + Tab window selanjutnya
Alt + Ctrl + Tab window sebelumnya

Lengkapnya bisa dilihat di /root/.jwm/stickyjwm.

Di rox filer juga, ada shortcut-shortcut ini lho..
Ctrl + Shift + N folder baru, kayak di ubuntu, linuxmint, dan windows
Ctrl + N file baru, memang defaultnya puppy linux kayak gini.. :D
F2 rename
Delete delete file, kalau asli bawaan puppy linux itu ctrl + x. Sengaja tak ganti jadi Delete biar mudah.
Ctrl + T new tab, kayak di ubuntu.. (Ehm, sebenarnya new window sih..)

Tampilannya bagus.
Taskbar atau tray nya mirip kayak cinnamon nya linux mint
Tema gtk nya kayak Windows 8
Tema jwm nya kayak el capitan nya Apple
Pokoknya aik├Žndi (baca: eye candy) banget!


Dan yang ndak kalah pentingnya juga, Limuks ini kan hasil remasteran dari xenialpup yang juga basenya Ubuntu Xenial Xerus. Banyak paket yang sudah jadi, kalau di Ubuntu tinggal kita tulis mantra di terminal, sudo apt install gitu, kita juga bisa njalanin di sini, di Limuks ini. Caranya ada di paragraf setelah ini. Atau kalau enaknya, tinggal download aja file .pet nya dari repoku.

repo nya (paket-paket yang aku compile sendiri dari ppm (puppy package manager)) bisa diunduh di google driveku ini:
https://drive.google.com/open?id=0B-WmUMQtTTUYOFRlb2VVLVlFdVE

Barangkali ada yang pengin mbuat sendiri file .pet dari ppm, bisa ke link ini:
http://muktyas.blogspot.co.id/2016/08/membuat-pet-dari-ppm-ubuntu-di-puppy.html
Semoga bermanfaat, Sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar