Rabu, 01 April 2020

Keyboard Laptop untuk mengetik di android

Assalaamu'alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh.

Aku sekarang mengetik ini dengan keyboard di laptopku, padahal aku posting melalui browsernya androidku.

Jadi keyboard laptopku bisa aku gunakan di androidku. Ndak masalah operating sistem kita apa, bisa juga kok. Caranya adalah dengan aplikasi Wifi Keyboard. Kita bisa mendownloadnya dari google play. Ukurannya kecil banget, cuma 57kb kalau ndak salah.

Langkah pertama setelah menginstal aplikasi itu, masuk ke setelan. Oh iya, kalau gambar di blog ini keliatan kecil di hape kita atau kurang jelas, kayak kabur gitu, klik aja gambarnya biar mbesar sendiri. Nanti jadi bagus.

Aku pakai Xiaomi redmi 4A. Mungkin punyamu agak beda, tapi coba masuk ke bahasa dan masukan. Kalau di hapeku begini caranya, masuk ke setelan tambahan.

Lalu pilih Bahasa dan masukan.

Lalu pilih Keyboard virtual.

Selanjutnya pilih tanda + Mengelola keyboard.

Hidupkan WifiKeyboardnya.

Kalau ada peringatan seperti itu, klik Oke.

Lalu WifiKeyboard akan muncul di bagian paling bawah nomer dua.

Di situ juga sudah muncul WifiKeyboardnya.

Lalu di METODE MASUKAN, pilih Keyboard Saat ini.

Ubah keyboard ke WifiKeyboard.

Lalu ke aplikasi WifiKeyboardnya.

Akan muncul tulisan begini, seperti di gambar di bawah ini. Coba buka di laptop kita, ke browser kesukaan kita, bisa Firefox, Chrome, Safari, atau Palemoon, atau yang lain. Masukkan alamat sesuai yang ada di situ. Kalau aku ke sini:
http://192.168.43.1:7777
mungkin punyamu beda.

Oh iya, baru ingat. Pastikan komputer/laptop kita terhubung di jaringan yang sama dengan android kita. Paling gampang ya tethering saja. Lalu hubungkan ke laptop kita.
Kalau ada tulisan Status: Connected di sebelah kanan atas, di kotakan, maka sudah bisa dicoba. Silakan untuk mengetik di aplikasi yang bisa ngetik, kayak WA, catatan, sms, atau yang lain.

Alhamdulillah..
Ternyata ini sudah ada dari tahun 2010 lho, Sahabat..

Ada kekurangannya takira, yaitu androidnya ndak nyala terus. Jadi sesekali kita harus menekan layar android agar nyala lagi, ndak otomatis gelap. Biasanya kan kalau berapa menit ndak diapaapakan androidnya otomatis redup.

Walau bagaimanapun, ini canggih.
Ya, ini canggih, Sahabat.. kalau kita punya laptop atau komputer, tapi ndak ada office nya, terus kita sudah nginstal Microsoft office free di android kita, maka kita bisa memakai cara ini. Ada lho office free untuk android. Wordnya malah bisa masukkan equation (matematika). Aku suka itu.

Selamat mencoba..
Semoga bermanfaat, Sahabat.
Wassalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar