Selasa, 05 Maret 2013

Murattalan bareng Syaikh Misyari Rasyid dengan minilyrics


Waktu pertama kali menggunakan minilyrics, aku sangat terpukau. Kok bisa secanggih ini ya? Dengan aplikasi ini, aku bisa karaokenan di manapun yang aku suka. Aku punya ide menarik tentang lirik, kalau karakter selain latin bisa tidak ya? aku coba dengan tulisan arab dan ternyata bisa! Telingaku terangkat oleh desakan bibir yang melebar, mataku berkaca-kaca melihatnya. Ini bisa untuk Alquran juga. Karena aku punya libre office (yang gratis), aku gunakan add-on Alquran on libre office, bisa kita download dari sini: https://code.google.com/p/qioo/downloads/list.
Kita instal dengan mengeklik tools, extension manager, add,
kita masukkan hasil ekstrakan tadi (QiOO-0.303b.oxt).
Terakhir tinggal kita close dan buka lagi Libreofficenya.
Muncul sebuah menu Alquran di atas.
Agar tulisannya bagus, gunakan font Traditional Arabic.

Kalau kita lebih familiar dengan Ms. Word juga tidak apa-apa. Kita bisa mendownloadnya dari sini: http://dewaphobia.com/get.php?file=SetupQuranInWordInd.zip, petunjuk lengkap cara menginstal dan menjelaskannya bisa kita ikuti di blognya langsung: http://dewaphobia.com/add-ins-al-quran-dalam-microsoft-word-2010/

Aku copy paste ayat alquran ke sebuah notepad, kemudian aku save dengan encodingnya aku buat UTF-8. Aku sangat suka dengan lantunan murattal Misyari Rasyid, kita bisa mendownload mp3nya dari sini: http://www.mp3quran.net/eng/afs_english.html. Kemudian teks alqur'annya bisa kita download dari google docs ini: https://docs.google.com/folder/d/0B-WmUMQtTTUYSkE1RlVuTC14THc/edit?usp=sharing. Kalau mau satu folder langsung bisa buka link ini, masuk ke folder alq. https://docs.google.com/folder/d/0B-WmUMQtTTUYV0dzaEZXTjFJY00/edit?usp=sharing. Jadi ketika kita mendengarkan murattalnya, kita juga bisa menyimaknya melalui minilyrics. Bisa didownload secara gratis langsung dari webnya: http://www.crintsoft.com/MiniLyrics_download.htm. Ingat, lirik-lirik ini waktu jalannya hanya sesuai dengan murattalnya Misyari Rasyid yang ada di link di atas. Screen shootnya ada di bawah ini. Kalau kurang jelas, silakan klik gambarnya untuk memperbesar ukurannya.



Setelah kita mengcopy dan paste ayat alquran dari libreoffice/Ms.Word ke notepad, kita simpan dengan nama file yang sama dengan file mp3nya. Contohnya bila file mp3nya 078.mp3, maka teks itu kita simpan dengan nama 078.lrc di folder yang sama dengan 078.mp3. Seperti ini.

Nha terus, bagaimana caranya mengedit teks itu biar timingnya pas dengan murattalnya? Kita stel salah satu murattalnya, kemudian tampilan minilyrics pun akan keluar. Di Minilyrics ada sebuah lirik editor, caranya klik kanan di minilyricsnya kemudian pilih lirik editor. kemudian akan muncul tampilan seperti ini.
Kalau sudah keluar begitu, tinggal kita paskan waktunya dengan menekan F7 di keyboard, waktunya akan otomatis mencatat waktu sekarang. Selanjutnya kalau kita ingin hanya menyimpannya di komputer kita saja, kita tekan ctrl + s. Kita juga bisa menguploadnya ke minilyrics, biar bisa diunduh oleh yang lain.
caranya, kita klik lirik, upload lirik, upload lirik. Kalau belum punya account, kita bisa mendaftar secara gratis.
Mudah, bukan?
Saya jadi teringat pesan sahabat saya,

Jadikan dunia itu ada di genggaman kita,
jangan jadikan ia di hati kita

Tapi benar juga, kalau teknologi ini dimanfaatkan untuk kebaikan, pasti akan sangat berguna.
Bismillah.

4 komentar:

  1. Thank's, ketemu juga akhirnya yg saya mau...

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak... barakallah

    BalasHapus
  3. kalau untuk mp3 murottal nya Sheikh Abdullah Al Mathrood ? ada trik lain kah ?

    BalasHapus