Senin, 03 Februari 2014

NMF di Kriptografi Hill pada Gambar

Haaaii Sahabaat..
Lama banget ya ndak nulis lagi. sekarang ayo kita reuninan. boleh deh cerita sedikit tentang apa yang selama ini terjadi antara kita berdua? eh.. berbanyak ding.. tapi, berdua aja deh. Okay, kemarin aku sebenernya lagi sibuk nih, nyiapin presentasi, sharing-sharing gitu. Aku nanya sani (sana-sini), diantaranya adalah sahabat canggihku, Azis, Puguh, dan Annisa. Muncul ide satu, berjalan. habis itu gagal, nyari ide lain, bisa. kalau pas beruntung ya ngoprek-oprek sendiri. Aku ngoprek scilab 5.4.1. Ada beberapa tambahan yang itu musti dimunculin biar si doi mau ngitung yang agak berat, salah satunya yialah stacksize. Lengkap ceritanya seperti ini.

Apa yang kamu pikirkan kalo liat kayak gini?
aneh ndak si? sebenernya itu foto2 yang diacak-acak lho..
Ide awalku dari Hill cipher, salah satu mainan ngerahasiain kata-kata. itu lebih expert dari postinganku yang dulu: http://muktyas.blogspot.com/2013/07/kriptografi-monoalphabetic-cipher-dan.html. Tapi ini ndak di huruf alfabet lagi, sekarang dah lebih canggih nih, di gambar. Pas juga kemarin baru dapat info tentang mecah gambar jadi dua pake NMF. Nonnegative Matrix Factorization. Coba aja googling. itu masih anget2nya lho.. ^_^. Jadinya sekarang tak kombain deh Hill cipher tak modifikasi yang tadinya muter-muternya di modulo 26 (huruf A sampe Z aja), sekarang boleh muternya di modulo 256 (kode warna). Intinya tetep sama, njadiin matriks dulu, bar itu dirahasiain dengan perkalian matriks. udah gitu aja.

Nah, ternyata milih kuncinya ndak sembarangan lho.. ini errratt kaitannya sama invers modulo. Gimana cara nyarinya? Tenang Sahabat.. aku diberitau mas ganteng satu ini dari sini: http://comeoncodeon.wordpress.com/2011/10/09/modular-multiplicative-inverse/. Darinya bisa kita cari satu-satu (istilah kerennya brute force, padahal ya nyari satu-satu), bisa juga dengan extended GCD (bahasa biasanya itu, FPB yang diperluas.. pelajaran SD ya..), dan banyak lagi yang lain, mungkin. Invers modulo ini biar kita bisa mbalikkan lagi. inget pelajaran SMA dulu? Kalau kita punya $KP=C$, ($K$ itu kunci, $P$ itu plainteks, terus $C$ itu cipherteks) maka kalau nyari $P$ ya kita kalikan dengan inversnya to? Jadinya $K^{-1}KP=K^{-1}C$. Sama saja $P=K^{-1}C$.
Kalau mau liat filenya boleh di sini: https://dl.dropbox.com/s/4an5w2dqe8mce1p/Indra%20Bayu%20Muktyas-Makalah-SNM-2014-fix.pdf, terus file scilabnya bisa diambil dan diubah monggo, di sini: https://dl.dropbox.com/s/wjdglu5iaqg79wa/fixprogram.rar.
Canggih ya?
kunci autokey NMF

invers kunci autokey NMF


Tidak ada komentar:

Posting Komentar